Presiden FIFA VAR Adalah Masa Depan Sepakbola

Presiden FIFA: VAR Adalah Masa Depan Sepakbola
Presiden FIFA Gianni Infantino sudah memberikan pertanda paling kentara hingga ketika ini bahwa Video Assistant Referees (VAR) akan digunakan di Piala Dunia tahun depan.

Teknologi video untuk membantu wasit telah diujicobakan pada Piala Konfederasi pada Rusia selama 2 minggu terakhir. Meski banyak yang menilai positif penggunaan teknologi video, tapi tidak sedikit jua yg berkomentar negatif.

Pihak yang menaruh kesan negatif terhadap Video Assistant Referees menyebutkan bahwa penggunaan teknologi video mengakibatkan kebingungan di tengah laga.

'Tidak terdapat yang menghalangi penggunaan VAR sejauh yg saya memahami,' kata Infantino dalam konferensi pers penutupan Piala Konfederasi di Stadion Krestovsky St Petersburg.

'Satu hal yang wajib kita tingkatkan merupakan komunikasi dan pembelajaran buat menghadapi VAR, waktu yg diharapkan, detik atau mnt.'

'Tapi sesudah itu, apabila keputusan yang sahih diambil, itu hanya mampu bermanfaat. Akan terdapat beberapa perserikatan ' orang Italia, orang Jerman ' yang akan menguji VAR dalam kompetisi mereka sendiri dan ini akan bermanfaat.'

'VAR adalah masa depan sepak bola,' tandas laki-laki berkepala plontos itu.

Sebelum diterapkannya tekonologi Video Assistant Referees, FIFA selaku induk tertinggi sepakbola Dunia sudah menerapkan teknologi garis gawang yang sejauh ini berjalan sangat baik dan mampu mengurangi bahkan menghilangkan terjadinya keputusan kontroverisal wasit terkait absah atu tidaknya gol.

Comments

Popular Posts